Tools / Peralatan yang Dibutuhkan untuk Merakit Model Kit (Tamiya, Gundam, Italeri, dll)

Melanjutkan tutorial tulisan saya mengenai Model Kit, kali ini saya akan share daftar tools (peralatan) apa saja yang dibutuhkan untuk bisa merakit sebuah Model Kit. Kebanyakan pemula biasanya akan bingung saat akan membeli peralatan untuk mokit (tidak terkecuali saya sendiri waktu awal-awal dulu). Salah satu penyebab banyak yang bilang bahwa Model Kit adalah hobi mahal adalah mungkin karena peralatannya. Saya pribadi bahkan sudah menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk peralatan ini. Buat anda yang punya budget terbatas, jangan khawatir, saya akan berikan rekomendasi tools apa saja yang wajib dan tidak wajib untuk dipunyai. Okay… kita langsung saja. Berikut adalah daftar peralatan yang dibutuhkan untuk merakit model kit.

Catatan : Harga yang saya berikan mengacu pada harga tahun 2015.

Nipper (Tang Pemotong)

Semacam tang pemotong yang memiliki ujung yang tajam. Alat ini berguna untuk memotong model kit dari sprue-nya. Bagi anda yang mau menghemat budget, bisa juga sih memotong kit dengan menggunakan gunting, gunting kuku ataupun cutter. Tapi tentu saja akan jauh lebih nyaman bila anda memiliki nipper. Ada banyak merk untuk Nipper ini. Kelebihan dari nipper yang mahal (contoh : nipper Tamiya) tentu hasil potongannya yang lebih rapi.

Harga : 20.000 – 300.000 (Tergantung merk) – Bisa dibeli di toko hobby / toko bangunan

tamiya-nipper

Cutter Pen

Semacam alat pemotong seperti cutter tapi berbentuk pen. Alat ini sangat berguna untuk memotong sisa-sisa sprue yang ada di kit setelah kita memotong menggunakan nipper. Selain itu alat ini juga berguna untuk berbagai

Harga : 30.000 – 80.000 (Tergantung merk) – Bisa dibeli di toko hobby / toko alat tulis / Ace Hardware

cutter-pen

Abbrassive (Amplas)

Salah satu tools yang wajib punya bila anda ingin merakit model kit. Amplas ini gunanya adalah untuk menghaluskan kit baik sebelum dicat maupun setelah dicat. Selain untuk menghaluskan bekas potongan setelah dipotong oleh nipper dari sprue-nya, amplas ini juga digunakan untuk menghaluskan hasil cat. Selain itu bagi anda yang suka melakukan modif body kit dengan menggunakan dempul / clay, amplas ini juga berfungsi untuk menghasilkan hasil modifikasi yang menyatu dan halus. Ada banyak jenis amplas yang bisa dibeli mulai dari yang paling kasar sampai paling halus. Biasanya amplas yang kasar digunakan untuk menghaluskan sisa bekas potongan atau bentuk body yang kurang sesuai keinginan. Sedangkan amplas yang halus bisa digunakan untuk menghaluskan hasil cat (biasanya digunakan untuk menghilangkan orange peel / kulit jeruk).

Harga : 15.000 – 50.000 (tergantung merk) – Bisa dibeli di toko hobi / toko bangunan / Ace Hardware

tamiya-abrassives

Selain amplas, ada alternatif lain yang saya gunakan saat ini yaitu Sanding Sponge. Saya cenderung lebih suka menggunakan sanding sponge daripada amplas yang lembaran karena jauh lebih hemat dan sanding sponge lebih nyaman digunakan untuk permukaan yang melengkung.

3m-sanding-sponge

 

Cement

Ini adalah salah satu tools wajib punya bagi anda yang mau merakit model kit. Ini fungsinya mirip seperti lem untuk model kit. Sesuai namanya, cairan ini bersifat seperti semen yang menyatukan body satu dengan body lainnya. Pengaplikasi-annya biasanya adalah dengan cara dioleskan ke ujung kit yang ingin direkatkan dengan kit lainnya dan setelah kering, biasanya diamplas lagi untuk membuatnya halus dan kelihatan menyatu. Ada berbagai jenis Tamiya cement yang dijual di pasaran, mulai dari yang cement biasa, thin, abs, ca cement sampai dengan yang berbau-bau lemon. Saya pribadi menggunakan 2 cement yaitu Tamiya Cement biasa dan Tamiya Extra Thin Cement. Keduanya punya fungsi yang berbeda (akan saya jelaskan di lain kesempatan)

Harga : 50.000 – 70.000 (merk Tamiya / Mr. Hobby) – Bisa dibeli di toko hobi

tamiya-cements

Mark Softer & Mark Setter

Ini juga merupakan salah satu tools wajib yang dipunyai bila anda ingin merakit model kit. Fungsi dari Mark Softer dan Mark Setter (atau namanya kadang berbeda untuk merk lain) adalah untuk melunakkan water decal sehingga akan membuat decal seperti menyatu dengan kit. Alat ini juga sangat berguna untuk menempel decal pada permukaan-permukaan yang tidak datar seperti pada permukaan kit yang melengkung atau berlekuk-lekuk.

Harga : 50.000 – 60.000 (Merk Tamiya / Mr. Hobby) – Bisa dibeli di toko hobi

IMG_5671

Modelling Brush (Kuas)

Salah satu tools yang wajib punya juga untuk merakit model kit. Kuas ini banyak sekali kegunaannya. Selain berguna untuk mengecat, juga bisa digunakan untuk membantu memijat decal setelah supaya tertempel secara sempurna. Selain itu bagi yang sudah punya Penbrush, kuas juga bisa digunakan untuk membersihkan penbrush. Ada banyak merk yang bisa dibeli. Saya pribadi membeli kuas dari berbagai merk mulai dari yang murah sampai yang mahal dengan berbagai ukuran. Pastikan juga untuk membeli kuas dengan ukuran 0000 minimal 1 biji untuk membantu mengecat bagian2 yang sangat kecil.

Harga : 10.000 – 100.000 (Tergantung merk) – Bisa dibeli di toko hobi, toko alat tulis, toko alat kesenian

modelling-brush

Tweezer

Tool wajib lain yang harus dipunyai adalah Tweezer. Alat berbentuk penjapit ini sangat berguna untuk memasang part-part kecil. Selain itu tweezer juga bisa digunakan untuk memasang decal. Ada berbagai macam tweezer yang dijual dipasaran, mulai dari yang straight (lurus), angle (bengkok) sampai dengan yang tumpul. Saya pribadi menggunakan tweezer versi murah saja.

Harga : 10.000 – 200.000

tamiya-74004-straight-tweezers

Cutting Mat

Ini adalah semacam alas yang digunakan oleh para modeller pada saat merakit mokit. Bagi saya pribadi ini sangat penting saat digunakan untuk memotong sesuatu (seperti memotong decal, atau memotong kit). Karena sifat mat-nya yang bisa kembali seperti semula saat terkena goresan, maka benda ini wajib dimiliki bila anda tidak ingin meja anda terkena goresan-goresan cutter.

Harga : 30.000 – 250.000 (Tergantung Merk dan Ukuran) – Bisa dibeli di toko hobi

cutting-mat

Paint Grip

Semacam penjapit untuk menjapit kit pada saat. Ini juga merupakan tools yang wajib punya. Ada versi resmi dari merk tertentu yang dijual di pasaran tapi harganya sangat mahal. Saran saya cari aja yang merk murah saja atau kalau tidak anda bisa juga membuat sendiri dengan bahan tusuk sate, isolasi hitam dan japit (bisa didapat dari keplek)

Harga : 20.000 – 60.000 (Tergantung merk) – Bisa dibeli di toko hobi

Capture

Masking Tape

Semacam isolasi untuk melindungi bagian dari kit yang tidak ingin kena cat. Ini juga merupakan tools wajib yang harus dipunyai seorang modeller. Ada berbagai merk yang dijual di pasaran, mulai dari yang murah sampai yang mahal seperti merk Tamiya. Merk masking tape yang bagus biasanya tidak menimbulkan bekas tempelan di cat.

Harga : 10.000 – 50.000 (Tergantung merk) – Bisa dibeli di toko hobi / toko alat tulis (Gramedia)

580565_1000_1_800

Paint Tray (Wadah cat)

Wadah cat sebelum digunakan untuk mengecat baik menggunakan kuas ataupun penbrush. Wadah ini biasanya digunakan juga untuk mencampur cat dengan thinner atau mencampur cat tertentu dengan cat warna lain.

Harga : 10.000 – 25.000 (Tergantung merk) – Bisa dibeli di toko hobi / toko alat tulis / toko alat kesenian

paint-tray

Paint Stirrer (Sendok Cat)

Sendok cat yang digunakan untuk mengambil cat dari botol ke Paint Tray. Ini sebenarnya bukan tools wajib. Bila anda tidak punya dana lebih, anda juga bisa menggunakan kuas untuk mengambil cat dari botol.

Harga : 30.000 – 50.000 (merk Tamiya) – Bisa dibeli di toko hobi

tamiya-paint-stirrer

Pippet

Berguna untuk mengambil thinner ke Paint Tray. Biasanya saat anda membeli penbrush, secara otomatis anda akan mendapatkan pippet ini.

Harga : 5.000 – Bisa dibeli di toko hobi / toko alat tulis / supermarket

pippet

Gunting

Gunting biasanya berfungsi untuk menggunting water decal atau masking tape. Jadi gunting bisa dibilang salah satu tools yang wajib punya.

Harga : 5.000 – 30.000 (Tergantung merk) – Bisa dibeli di toko hobi / toko alat tulis / supermarket

gunting

Cutter

Cutter biasanya juga berguna untuk memotong decal. Dibanding gunting, cutter tentu punya kelebihan di mana bisa memotong bagian yang ada di tengah-tengah kertas.

Harga : 10.000 – 50.000 (Tergantung merk) – Bisa dibeli di toko hobi / toko alat tulis / supermarket

cutter

Cutton Bud

Cotton bud biasanya berguna untuk membantu mengeringkan water decal saat tertempel di kit. Selain itu juga cotton bud bisa digunakan untuk hal-hal kecil lainnya seperti misalnya digunakan bersama thinner untuk merapikan cat yang meluber, dan masih banyak lagi.

Harga : 5.000 – Bisa dibeli di toko hobi / toko alat tulis / supermarket

cotton-bud

Files Set (Kikir)

Alat kikir yang berguna untuk menghaluskan sisa potongan sprue pada kit atau menghaluskan bagian-bagian kit yang kasar. Sebenarnya ini bukan tools wajib. Cuma alat ini sangat membantu untuk secara cepat menghaluskan bagian kit yang tidak sesuai. Sebenarnya anda bisa juga menggunakan Amplas untuk menghaluskan bagian kit yang kurang halus. Cuma dengan adanya ini, tentu anda bisa menghemat banyak amplas. Saya pribadi biasanya menggunakan ini untuk menghaluskan bagian yang masih sedikit kasar dan kemudian baru difinishing menggunakan amplas / sanding sponge. Bagi anda yang mau menghemat budget, bisa juga menggunakan kikir gunting kuku yang ada di rumah.

Harga : 15.000 – 30.000 (Tergantung merk) – Bisa dibeli di toko hobby / toko bangunan / Ace Hardware / Hypermarket

files-set

Mini Compressor

Walaupun bisa dibilang bukan tools wajib dipunyai dalam merakit model kit, tapi menurut saya, jika anda serius ingin berkecimpung dalam dunia model kit, tools ini wajib untuk dibeli. Mengapa? Karena dengan mini compressor lah anda bisa menggunakan airbrush/ penbrush untuk mengecat. Dengan menggunakan penbrush, otomatis hasil pengecatan akan lebih halus dan lebih bagus dibandingkan bila anda menggunakan kuas. Anda juga bisa membuat efek-efek cat yang tidak bisa dilakukan bila tidak menggunakan penbrush. Selain itu anda juga akan menghemat cat bila dibandingkan dengan menggunakan spray can. Jadi saran saya bila anda punya dana lebih, gunakanlah untuk membeli mini compressor. Khusus untuk jenis-jenis mini compressor akan saya bahas di lain kesempatan.

Harga : 600.000 – jutaaan (Tergantung merk dan tipe) – Bisa dibeli di toko hobi / toko alat-alat teknik

mini compressor

Penbrush / Airbrush

Ini adalah pasangan dari mini compressor. Bila membeli mini compressor tentu ini adalah pasangannya. Ada banyak jenis penbrush juga yang dijual di pasaran. Khusus untuk airbrush / penbrush ini juga akan saya bahas di bagian lainnya juga supaya bisa lebih detail.

Harga : 180.000 – jutaan (Tergantung merk dan tipe) – Bisa dibeli di toko hobi / toko alat-alat teknik

procon-penbrush

Thinner

Ini adalah salah satu tools yang wajib punya juga. Selain membeli cat, anda wajib hukumnya untuk mempunyai thinnernya. Karena ini sangat berguna untuk mengatur tingkat keenceran suatu cat sebelum diaplikasikan ke kit. Khusus untuk thinner akan saya bahas di bagian lain, karena ini juga menyangkut pada jenis cat juga.

laquer-thinner

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • harga model kit merk tamiya
  • lem tamiya
Be Sociable, Share!

Leave a Reply