Home > Health, Life, My Life > Tips Untuk Mengurangi Frekuensi Kholik Buat Para Penderita Batu Empedu

Tips Untuk Mengurangi Frekuensi Kholik Buat Para Penderita Batu Empedu

November 1st, 2013 Leave a comment Go to comments

Pada saat terkena batu empedu, penderita akan sering mengalami kholik (nyeri yang tidak tertahan)  di daerah perut pada saat waktu-waktu tertentu. Di kasus saya, saya biasanya mengalami kholik adalah pada saat malam hari (waktu tidur). Pada awalnya karena saya tidak mengerti apa penyebab dari kholik ini. Saya waktu tahu bahwa saya mengidap penyakit batu empedu, saya hanya diberitahukan untuk menjauhi makanan berlemak oleh dokter. Sementara saya sendiri agak bingung makanan berlemak itu apa saja ya. Karena kurang pengetahuan, akhirnya saya sering juga makan makanan yang ternyata seharusnya dihindari oleh para penderita empedu. Karena makanan-makanan yang cenderung berlemak dan berkalori tinggi, saya jadi sering mengalami kholik. Dan setelah mencari info di internet dan bertanya kepada pak Sisil yang mengobati saya, saya pun mulai tahu apa saja yang harus dihindari oleh para penderita batu empedu. Dan setelah menjalani pantangan dengan disiplin, saya pun mulai jarang merasakan kholik, meskipun sebenarnya batu empedu masih banyak di kantung empedu saya.

batu empedu

Bagi para penderita batu empedu yang belum menjalani pengobatan dan melakukan operasi, anda bisa mengikuti tips-tips berikut untuk setidaknya mengurangi frekuensi kholik yang terjadi. 

– Hindari makanan berlemak. Makanan berlemak itu apa saja? Gampangnya hindari makanan yang termasuk dalam tabel ini.

– Stop sama sekali makanan gorengan, makanan instant, makanan ber-msg (micin), makanan bersantan, kare, keripik dan segala jenis snack-snack kering. Hindari juga makan segala jenis makanan yang berkarbohidrat tinggi (mie, roti, tepung2an). Hindari makan-makanan yang mengandung telur, susu, dan keju. Kurangi juga makan beberapa sayur dan buah jenis berikut ini : tauge, sawi putih, kangkung, kol, durian, segala jenis daging dan ikan.

– Makan makanan yang dibuat dengan cara direbus, dikukus, ditumis, dibakar tanpa minyak atau mentega. Stop sama sekali makanan yang digoreng dengan minyak dan mentega.

– Stop sama sekali merokok dan minum minuman keras.

– Jangan sampai stress. Soalnya itu juga menjadi faktor penting mempengaruhi kolestrol dalam darah.

– Konsumsi lebih banyak serat dalam menu makanan sehari-hari. Serat banyak ditemukan pada buah- buahan dan sayur-sayuran. Serat berfungsi untuk mengikat lemak yang berasal dari makanan dalam proses pencernaan, sehingga mencegah meningkatan kadar LDL kolesterol.

– Konsumsi makanan yang berserat serta bisa menyerap lemak dan minyak seperti contohnya apel, tomat, kacang-kacangan (kacang panjang, buncis, kacang merah), beras merah, bayam, brokoli, wortel, almon, kenari dan oatmeal.

– Jangan melakukan aktivitas seperti olahraga secara berlebihan (seperti berlari, dll), karena batu bisa bergeser dan menyebabkan kholik.

– Banyak minum air putih hangat (minimal 2 liter sehari)

– Hindari Langsung tidur setelah makan. Karena proses penghancuran lemak akan terjadi pada waktu tidur. Langsung tidur setelah makan akan menyebabkan pemrosesan lemak menjadi lebih berat.

Bagi yang sudah keluar semua batu empedunya ataupun misalnya ada yang sudah terlanjur dibuang kantong empedunya, bisa ikuti Panduan Gaya Hidup Sehat buat yang Berkolestrol Tinggi supaya tidak muncul lagi batu empedunya atau tidak timbul masalah-masalah pencernaan (buat yang sudah gak punya kantung empedu).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Be Sociable, Share!
Categories: Health, Life, My Life Tags:
  1. lita
    January 16th, 2014 at 13:39 | #1

    Mas, terimakasih postingnya, sangat membantu. Saya juga menderita batu empedu. Boleh minta no hp pak sisil mba? Atau alamat rumahnya?

  2. January 16th, 2014 at 13:48 | #2

    Salam kenal mbak lita. Kalau mau tanya no hp silahkan, kontak melalui form contact saya.

  3. Rospita
    September 23rd, 2014 at 15:23 | #3

    Mas.. trima kasih infonya dan minta no telp Pak Sisil donk ?

  4. riken
    September 29th, 2014 at 23:13 | #4

    Mas,saya minta no hp mas sisil ya, please urgent. Mama sy sdh d vonis oprasi pengangkatan kantung empedu. Thanks info nya

  5. vinencia tarigan
    February 3rd, 2015 at 03:08 | #5

    Tmksh mas atas infonya, sya jg penderita batu empedu, sdh lama, apakah bsa mnta tlong no hp dan emailnya pak sisil, siapa tahu obat dari beliau cocok dgn sya. Sblmnya perkenalkn dulu nama sya vinencia tarigan, alamat : jl. Dg. Menambon no.28 mempawah – kalbar, email sya : vinenciatarigan@yahoo.co.id. Sya tunggu info nya mas. Tmksh.

  6. February 3rd, 2015 at 12:13 | #6

    langsung aja kontak via email ya

  7. Tri suharnoko
    May 18th, 2015 at 21:39 | #7

    Mas minta no telp p.sisil donk kluarga ane hasil usg ada batu empedu

  8. yofi
    October 17th, 2015 at 00:00 | #8

    tks infonya mbk,saya juga difonis utk operasi so plss tlg hp nya pak sisil ke email saya mbk tks

  9. Dian Maretha
    May 30th, 2016 at 13:42 | #9

    Selamat siang….

    Bisa saya minta nomor hp pak Sisil dan alamatnya? tks

  10. kresna
    July 5th, 2016 at 22:08 | #10

    Sangat membantu sekali artikelnya , boleh saya minta nomer tlp Pak sisil , urgent , kirim ke email sy yah kresna11021988@gmail.com trma kasih ..

  11. hendra
    August 23rd, 2016 at 09:57 | #11

    saya bisa minta no kontak pak sisil,Istri saya mengidap multi batu empedu,udh 2 bulan terakhir kholik terus. mohon infonya.trims.

  12. September 8th, 2016 at 12:57 | #12

    Mas, mohon info no kontak/email/alamat pak sisil dong, dah bbrp bulan ini saya sering kolik karena batu empedu. Terimakasih sebelumnya. Anwar – bangka belitung

  13. September 8th, 2016 at 13:03 | #13

    Ini email saya wangjaka@gmail.com

  14. Avrilia
    November 27th, 2016 at 15:31 | #14

    Obatnya pak sisil bs d kirim k rmh?soalnya saya pny anak kecil kl d suruh antri2 g bs.Email saya avrilia.wt81@gmail.com

  15. Avrilia
    November 27th, 2016 at 15:32 | #15

    Obatnya pak sisil bisa d antar k rmh?soalnya saya pny anak kecil jd g bs antri2.makasih

  16. December 15th, 2016 at 10:56 | #16

    bisa. obat saya dulu juga dikirim via Tiki

  17. Avrilia
    December 15th, 2016 at 11:42 | #17

    Harganya brp?mt no telp pak sisil dong

  18. Avrilia
    December 15th, 2016 at 11:43 | #18

    Mt no telp pak sisil mas.hrgnya brp?

  1. No trackbacks yet.