Home > Internet Business, Online Shop > Tips Menghindari Penipuan dan Berbelanja Online secara Aman

Tips Menghindari Penipuan dan Berbelanja Online secara Aman

Berbelanja secara online beberapa tahun belakangan menjadi salah satu pilihan utama untuk mendapatkan barang-barang yang kita inginkan. Banyak alasan mengapa banyak orang merasa lebeih suka untuk berbelanja secara online daripada harus berbelanja secara offline (berbelanja di pasar/toko/mall). Di samping semakin terbatasnya waktu untuk berbelanja secara offline (bagi yang sibuk), faktor tidak tersedianya barang di sekitar tempat tinggal kita juga menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak bisnis online dewasa ini menjadi pilihan utama dalam berbelanja sekarang ini. Menjamurnya barang-barang produksi baik lokal maupun impor yang tersedia serta didukung oleh layanan ekspedisi yang cukup cepat dalam mengantar barang, tidak heran bisnis online beberapa tahun belakangan berkembang begitu pesat.

online-shopping

Namun di balik berbagai keuntungan dan kemudahannya, terdapat juga beberapa kelemahan serta resiko saat kita berbelanja secara online. Maraknya kasus penipuan online di internet tentu membuat kita harus waspada. Dari pengalaman pribadi saya selama ini, tidak pernah sekalipun saya kena tipu saat belanja online. Sebenarnya supaya kita bisa berbelanja dengan aman tidaklah sulit. Yang perlu kita lakukan adalah sedikit lebih rajin dalam mengecek data data dari penjual. Kebanyakan orang malas memeriksa terlebih dahulu dan baru menyalahkan toko online palsu setelah kena tipu. Untuk itu, saya akan memberikan beberapa tips bagaimana sih biasanya cara saya berbelanja secara online.

– Saya biasanya lebih memilih berbelanja di toko toko yang sudah terpercaya. Biasanya toko toko besar yang berani beriklan secara masif adalah toko online yang terpercaya, seperti contohnya Lazada.com, Blibli.com, Bhineka.com, dll. Selain di toko-toko besar, saya juga suka berbelanja di website yang punya rekening perantara (semacam rekening bersama), di mana uang tidak langsung ditransfer ke penjual, melainkan ditransfer ke pihak ketiga (yaitu pemilik website) terlebih dahulu. Setelah barang diterima, barulah uang ditransfer dari pemilik website ke penjual, seperti contohnya bukalapak.com dan tokopedia.com.

– Toko online palsu kebanyakan memakai domain gratisan (blogspot, wordpress, facebook, weebly, webs, dll). Walaupun saat ini ada cukup banyak juga website dengan domain berbayar yg juga palsu.

– Website penipu pada umumnya akan menjual produk-produk yang sederhana dengan jumlah variasi item yang sedikit (kurang dari 200 item) dan tidak pernah diupdate katalog-nya. Saya selama ini belum pernah menemukan website penipu yang mempunyai katalog produk sampai ribuan item jumlahnya. Dan website toko online yang bukan penipu biasanya akan selalu mengupdate katalognya dengan tambahan produk-produk baru maupun produk restock secara berkala. Penipu online tidak akan mau bersusah-susah membuat listing ribuan item hanya untuk menipu.

– Bila saya membeli barang dari website / forum / facebook, kebiasaan pertama saya adalah melihat testimonialnya. Dan akan lebih meyakinkan bila website toko online tersebut mengupload resi pengirimannya di halaman websitenya. Para penipu online biasanya tidak akan berani menampilkan resi pengiriman mereka di website, karena tidaklah mungkin sifatnya untuk memanipulasi data resi pengiriman di website jasa pengiriman.

– Banyak dari penipu online terkadang membuat testimonial palsu di website mereka. Jadi kita juga harus lebih teliti dalam memeriksa. Saya biasanya lebih yakin bila Testimonial dilengkapi dengan foto hasil capture dari BB / Handphone, ataupun foto-foto barang saat diterima customer. Khusus untuk pembelian melalui forum / facebook, saya biasanya juga memeriksa data profil customer2 yang memberi testimonial untuk memeriksa apakah akun mereka cloningan (palsu) atau tidak.

–Kebiasaan lain yang saya lakukan saat membeli dari toko baru adalah selalu mengetikkan “penipuan ”+nama toko online ataupun nama toko online+“ scam” di Google. Bila kita tidak menemukan apapun di internet, berarti toko tersebut relatif aman. Website-website yang melakukan penipuan biasanya akan ada topik pembahasaannya di internet, di mana biasanya beberapa customer yang menjadi korban penipuan akan mulai melakukan posting di forum ataupun blog-blog pribadi mereka.

– Cobalah untuk mengecek semua data contact mulai dari no HP, pin BB, YM ataupun no rekening dari toko online tempat kita berencana membeli di Kaskus ataupun Google. Biasanya penipu online yang bermasalah akan punya track record dan di bahas di salah satu thread di blog maupun forum. Ciri-ciri penipu online lainnya yang biasa ditemui adalah cenderung menyembunyikan no rekening bank mereka di website.

– Toko online yang mendapatkan pengakuan sebagai Toko yang Terpercaya 100% dari polisionline.com juga menjadi salah satu tolak ukur mengenai palsu tidaknya sebuah toko. Bila ada logo polisimainanonline, cukup click saja logo tersebut dan pastikan kalo toko tersebut memang terdaftar di polisionline.com

– Bila anda membeli di OLX, saya lebih suka membeli dengan cara COD. Namun bila terpaksa membeli secara online pun, saya biasanya akan membeli dari Verified Seller, karena hanya verified seller yang telah terbukti alamat yang dia daftarkan di toko bagus adalah alamat dia sebenarnya.

tokobagus-verified-seller
Selain berstatus verified seller, saya juga akan memeriksa no HP, no rekening dan lain-lainnya juga di google sebagai validasi.

– Bila anda membeli dari Kaskus, ada baiknya untuk membeli dari penjual yang punya reputasi bagus di Kaskus (walaupun ini juga tidak menjamin, karena sekarang ada jasa cendol untuk memanipulasi reputasi). Jangan juga hanya karena melihat ada banyaknya testimonial di lapak yang dijual anda benar-benar yakin bahwa penjual bukanlah seorang penipu, karena pada umumnya penipu mempunyai beberapa teman yang bisa memberikan banyak sekali testimonial palsu untuk meyakinkan pembeli. Cara yang lebih efektif adalah mengecek tanggal Join dari profil penjual. Karena ini adalah salah satu data yang tidak bisa dimanipulasi. Berdasarkan pengalaman, penjual yang sudah bergabung cukup lama di Kaskus (lebih dari 2 tahun) sangat sangat kecil kemungkinannya dia adalah seorang penipu.

kaskus profile

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Be Sociable, Share!
Categories: Internet Business, Online Shop Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.