Home > Hardware, Technology > Review Samsung Galaxy S4 : Smartphone berbasis Android Terlaris di Dunia

Review Samsung Galaxy S4 : Smartphone berbasis Android Terlaris di Dunia

Sekitar 1 bulan lalu, kebetulan saya punya kesempatan untuk mencoba Samsung Galaxy S4 yang merupakan handphone yang menurut data saat ini menjadi handphone paling laris di dunia, bahkan mengalahkan iPhone 5 milik Apple. Memang belakangan Samsung terus mendominasi pasar smartphone. Nah. Samsung Galaxy S4 ini sendiri sebenarnya adalah milik adik saya. Dulunya gadget dia adalah Samsung Galaxy S3 Mini. Tapi seiring dengan keluarnya Samsung Galaxy S4, akhirnya dia pun menggantinya dengan S4. Salah satu kesan paling keren yang saya dapat dengan sekilas saja mencoba Galaxy S4 adalah layarnya. Layarnya luar biasa tajam. Bila dibandingkan dengan Galaxy Tab punya saya jelas tidak ada apa-apanya. Selain layar super tajam, S4 juga punya banyak keunggulan lain. Berikut saya review sedikit mengenai gadget super canggih ini.

samsung galaxy s4

Keunggulan : Samsung Galaxy S4 dilengkapi dengan Android 4.2.2 (Jelly Bean), kamera dengan resolusi fantastis, prosesor quad-core yang superior, serta perangkat lunak yang cukup lengkap (termasuk bisa digunakan sebagai remote TV). Smartphone ini juga nyaman di tangan dan memiliki NFC, baterainya bisa diganti (bila nantinya drop), dan tersedianya slot micro SD.

Kelemahan : Desain plastik pada casingnya memberikan kesan handphone ini seperti murahan. Dari segi desain tentu, saya lebih suka iPhone yang menggunakan bahan aluminium. Tapi ini pun bisa juga jadi keunggulan. Karena kita dapat menyimpan casing aslinya dan menggantinya dengan casing lain yang kita beli dari toko.

Pada Intinya, perlu sedikit waktu untuk bisa menguasai fitur yang ada pada Samsung Galaxy S4 (apalagi bila anda belum pernah menggunakan android sebelumnya). Tetapi Samsung Galaxy S4 bisa jadi pilihan utama bila anda mencari smartphone serba bisa yang punya layar lebar.

Dengan Galaxy S4-nya, Samsung tampaknya berhasil mencapai dominasinya di pasar smartphone dunia. Memang S4 dengan Android 4.2 Jelly Bean kelihatan kurang greget secara tampilan bila dibandingkan denganHTC One ataupun iPhone 5. Tapi dengan prosesor quad-core, layar HD 5 inch yang super tajam dan penuh warna, kamera super tajam yang mendukung resolusi hingga 13 Megapixel, dukungan software yang cukup lengkap, serta tingkat kompabilitas android yang tinggi membuat Samsung Galaxy S4 layak disebut sebagai smartphone paling lengkap dan paling powerful di dunia saat ini.

S4 ini punya apa saja sih? Kayaknya lebih cocok kalau pertanyaannya : Apa yang di S4 tidak ada? Dengan layar 1080p, kecepatan processor untuk gaming, blaster IR yang dapat digunakan sebagai remote TV. Lalu sistem kamera yang memungkinkan untuk mengambil beberapa foto dan mengabungkannya dalam satu adegan. Kamera juga ada depan dan belakang. Video juga bisa dipakai untuk merekam adegan slow motion. S4 juga dapat mengenali pandangan mata Anda untuk menghentikan video, dan dapat menjawab panggilan telepon hanya dengan melambaikan tangan. Berbeda dengan HTC One dan iPhone 5, S4 dilengkapi dengan slot SD Card yang tentunya sangat memudahkan bila anda punya banyak file multimedia berukuran besar.

Walaupun ada banyak fitur Galaxy S4 yang tidak penting, seperti contohnya mode Eraser pada kamera, Optical Reader, S Translate (persis dengan Google Translate) yang nyaris tidak pernah saya pakai.

Model & Desain

Salah satu titik terlemah Samsung Galaxy S series adalah terletak pada sisi model dan desain. Dibandingkan dengan pesaingnya (HTC One dan iPhone), Samsung Galaxy S bisa dibilang memang paling terkesan murahan. Ini tidak lepas dari desainnya yang berbahan plastik.

perbandingan galaxy s4 iphone 5 htc

Tapi kalau misalkan kita membandingkan S3 dan S4, S4 ini terlihat lebih kotak. Layar S4 pun 5 inch lebih tinggi dari S3. Bagian ujung dari S4 juga terlihat lebih kotak dan kurang melengkung dibandingkan Galaxy S3. Samsung sendiri menyatakan bahwa S3 didesain terinspirasi oleh alam, sisi lurus S4 sendiri kalau kita perhatikan benar-benar mirip dengan iPhone 5 atau HTC One.

Layar Galaxy S4

Layar S4 yang besarnya 5 inch menghasilkan tingkat resolusi 441ppi, lebih tinggi dari layar Apple yang hanya 321ppi dan lebih rendah dari HTC One dengan 468ppi. Walaupun pixel density sendiri tidak banyak mempengaruhi bila kita melihat dengan mata telanjang.  Yang jelas layar terlihat sangat tajam dan detail, terutama bila anda terbiasa menggunakan produk Android lainnya.

Satu hal yang mungkin kurang sempurna dari S4 adalah saat melihat layar di bawah sinar matahari yang terik. Kadang kala saat mengambil foto, kita tidak tahu apakah jari kita menutupi lensa atau tidak sampai kita berada di tempat teduh. Mungkin ada baiknya Samsung belajar dari Nokia yang menggunakan teknologi polarized screen filter pada Nokia Lumia 920.

Tapi paling tidak Samsung telah meniru ftur unggulan Nokia, yaitu memberikan S4 layar yang sensitif, sehingga anda dapat menggunakan smartphone bahkan ketika anda memakai sarung tangan sekalipun.

Fitur Layout

Kamera depan dengan resolusi 2 Megapixel ada di pojok kanan atas, berada di sebelah sensor cahaya dan jarak. Di sebelah kiri speaker ada sensor IR (infra merah). Ada juga indikator LED di sudut kiri atas. Ini akanberkedip hijau, merah, atau biru untuk menunjukkan kegiatan tertentu.

samsung galaxy s4 layout

Di bagian atas ada jack headset 3,5 milimeter, serta IR blaster yang dapat anda gunakan sebagai remote TV. Semua hal yang sama, saya lebih memilih bagaimana HTC terintegrasi blaster IR di tombol One kekuasaan.

Tepat di bawah layar, ada 3 tombol umum produk Samsung yang baru yaitu Home yang biasanya membawa anda kembali ke layar depan / Home (tekan), mengaktifkan Samsung S Voice (tekan dua kali), dan membuka recently opened apps (hold). Tekan dan tahan tombol menu untuk memulai pencarian aplikasi Google dengan Google Now. Tombol Back biasanya digunakan untuk kembali ke layar sebelumnya / keluar dari aplikasi .

Anda juga dapat mengatur volume di sisi kiri, mengisi baterai telepon dari colokan bawah, dan menghidupkan telepon dan mematikan dari sisi kanannya. Pada bagian belakang, ada kamera dengan resoulsi 13 megapixel yang dilengkapi dengan flash LED tepat di bawahnya. Di penutup belakang ada juga slot kartu microSD, slot kartu SIM, dan baterai.

OS dan Interface-nya

Galaxy S4 menggunakan Android 4.2.2 (Jelly Bean) dengan Touch Wiz yang bisa dimodifikasi. Samsung memiliki one touched system icon di bagian notification. Tekanlah tombol baru di sudut kanan atas untuk memperluas daftar 15 ikon tanpa perlu masuk ke menu pengaturan. Jika Anda menekan tombol edit, Anda akan dapat drag dan drop ikon untuk menyusun ulang mereka. Hal ini sangat keren dan sangat berguna pada beberapa pengguna.

os samsung galaxy s4

Untuk menyederhanakan menu setting, Galaxy S4 juga melakukan beberapa perubahan dengan mengelompokkan ke beberapa layar terpisah seperti connections, device items seperti lock screen, gestures, dan keyboard settings, accounts pane, dan beberapa kategori untuk battery, storage, dan security.

Pilihan Keyboard

Untuk smartphone seukuran Galaxy S4, terkadang keyboard virtual terasa sangat kecil. Saya sendiri sering sekali salah ketik menggunakan keyboard virtual bawaan dari Samsung (Samsung Keyboard). Untuk solusi keyboard, selain Samsung Keyboard, SwiftKey merupakan keyboard wajib bagi anda pengguna Galaxy S4. SwiftKey akan merekam history pengetikan kita dan akan membuat autocorrect berdasarkan kebiasaan mengetik kita.

Lock Screen

Di Galaxy S4, lock screen menjadi sesuatu yang bisa sedikit diutak atik. Anda dapat memilih beberapa metode untuk membuka lock screen entah itu dengan menggesek, menggunakan kode atau dengan face scan (scan wajah). Anda juga dapat menambah  ikon pada layar yang berfungsi sebagai shortcut ke Camera, Search, dan Contacts Anda.

Aplikasi

Seperti biasa, ada beberapa aplikasi bawaan dari Samsung seperti Calculator, CalendarMusic Player, ChatOn, S SuggestS Memo, Readers Hub dan beberapa aplikasi Google seperti Google MapsGmail, dll. Pada intinya program bawaan pada Samsung Galaxy S4 ini tidaklah terlalu berbeda dengan produk Samsung sebelumnya. Mungkin yang sedikit membedakan hanyalah beberapa program tambahan (yang tidak terlalu penting menurut saya), antara lain S Health, S Translator, Optical Reader, Story Album dan Group Play.

Bila ingin program tambahan, tentu anda dapat mendownloadnya di Google Play. Salah satu kelemahan dari Android dibandingkan iOS adalah jumlah softwarenya yang masih kalah jauh. Jumlah software (terutama Game) di Apple Store masih jauh lebih banyak daripada yang ada di Google Play. Selain dari segi desain, mungkin inilah satu-satunya faktor yang mungkin harus dipertimbangkan bila anda hendak memilih antara Samsung Galaxy S4 atau iPhone 5.

Sistem Sensor Eye Tracking dan Gesture

Fitur eye tracking pada Galaxy S4 bisa mengenali ketika anda sedang melihat ke layar atau tidak. Bila anda tidak sedang melihat ke layar, layar akan secara otomatis meredup secara otomatis. Selain itu juga ada sensor yang dapat mengenali gerakan anda tanpa menyentuh layar. Anda dapat melihat gambar, video dengan cara melambaikan tangan anda di depan layar (tanpa menyentuh). Inilah salah satu fitur unggulan yang menjadi titik unggul Samsung Galaxy S4.

samsung galaxy s4 gesture sensor

Setting Camera yang Kreatif

Samsung Galaxy S4 punya total 13 mode untuk kamera. Dan dual mode-shot adalah salah satu favorit saya. Dual shot adalah setting kamera yang menggunakan kamera depan dan belakang untuk membuat foto komposit atau video. Fitur Drama juga sangat menarik, di mana anda dapat memotret serangkaian foto dan menggabungnya menjadi 1 foto. Seperti misalnya anda memotret teman anda yang sedang melompat dengan background pemandangan.

drama camera in galaxy s4

Kesimpulan

Samsung Galaxy S4 tidak diragukan lagi saat ini adalah salah satu produk unggulan dari pasar premium smartphone selain HTC One, iPhone 5, BlackBerry Z10, dan Nokia Lumia 920. Bahkan sekarang ini bisa dibilang Galaxy S4 adalah pemimpin pasar saat ini. Android tidak disangkal adalah OS dengan fitur paling canggih saat ini. Bila anda tengah mencari smartphone yang mengutamakan fungsi (tanpa melihat model dan desain) bisa dibilang Samsung Galaxy S4 adalah pilihan paling tepat. Saya pribadi pernah menggunakan iPod Touch, iPad, Samsung Galaxy Tab dan Samsung Galaxy S4. Bila disuruh memilih, tentu pilihan saya jatuh ke Samsung Galaxy S4. Alasannya? Ya, tentu saja adalah karena Android jauh lebih user friendly daripada iOS. Dan karena saya sendiri termasuk bukan tipe pengguna yang memakai gadget hanya untuk bermain game.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • Samsung J1 harga daerah jawa tengah
Be Sociable, Share!
Categories: Hardware, Technology Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.