Home > Diecast, Hobby > Review Diecast : Newray FIAT Yamaha YZR-M1 Valentino Rossi 2007 Skala 1:12

Review Diecast : Newray FIAT Yamaha YZR-M1 Valentino Rossi 2007 Skala 1:12

August 24th, 2015 Leave a comment Go to comments

Ini adalah salah satu diecast favorit yang pernah saya punya. Ketika awal-awal mengkoleksi diecast, saya memang mengincar diecast merk Newray saja. Alasannya tentu karena harganya yang relatif masih terjangkau di kantong. Namun berburu diecast Newray ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Saya menunggu sampe sekitar 3 bulan untuk bike ini. Kalau dipikir-pikir, ternyata mengkoleksi diecast Newray yang langka ternyata jauh lebih susah daripada mengkoleksi merk mahal seperti Minichamps. Untuk koleksi Minichamps, selama anda punya uang banyak, urusan mendapatkan diecastnya relatif mudah. Namun beda halnya dengan Newray. Karena produknya sudah lama discontinued, maka kita hanya bergantung pada kolektor-kolektor yang mau menjual koleksi pribadinya.

Diecast Newray FIAT Yamaha versi 2007 yang saya beli ini bukanlah versi asli dari Newray, melainkan versi yang sudah diupgrade (custom). Hampir keseluruhan bike dicat ulang dan ditempel decal ulang. Ini yang membuat bike ini kelihatan istimewa dan kelihatan sangat bagus bahkan bila dibandingkan dengan Minichamps sekalipun. Jika anda teliti ada beberapa perbedaan antara diecast ini dengan diecast versi aslinya, antara lain bagian rem depan yang dicat ulang serta ada logo brembo, adanya kabel remadanya decal Michelin di ban, rantai yang berwarna emas, knalpot diberi effect weatheringcat yang full vernish, serta decal yang kelihatan lebih cerah.

my-2007-newray-01

my-2007-newray-33

my-2007-newray-37

my-2007-newray-20

my-2007-newray-30

my-2007-newray-11

Rantai emas dan adanya logo Michelin di Ban

my-2007-newray-12

Knalpot dengan Efek Weathering yang menyerupai bike aslinya

my-2007-newray-13

Bagian Rem Depan yang dicat ulang dan adanya logo Brembo

my-2007-newray-15

Perbedaan Bagian Rem depan Newray original dengan diecast versi upgraded

 

Sebagai referensi berikut saya lampirkan foto dari produk Newray FIAT Yamaha 2007 versi originalnya. Ada 2 jenis produk Newray 2007 yang dijual di pasaran, yaitu yang versi box (finished model) sama yang versi mokit (versi yang harus dirakit dulu).

newray-2007

Newray FIAT Yamaha 2007 versi Mokit

Newray FIAT Yamaha 2007 versi Mokit

Newray FIAT Yamaha 2007 versi Box

Newray FIAT Yamaha 2007 versi Box

Perbandingan dengan Real Bike

Jika dilihat dari sisi kemiripan diecast Newray dengan sepeda motor aslinya (Real Bike), Newray tergolong cukup lumayan. Hanya saja jika anda termasuk orang yang sangat mendetail, tentu akan melihat beberapa kekurangan pada diecast Newray ini. Berikut adalah beberapa poin yang bisa saya simpulkan dari diecast Newray FIAT Yamaha YZR-M1 2007 Skala 1:12 yang dikendarai Valentino Rossi ini.

Dari sisi fairing depan, terlihat Newray sedikit membuatnya terlalu lebar. Karena bike aslinya fairing depannya seharusnya terlihat kurus. Untuk urusan warna dan decal Newray cukup bagus.

newray-fiat-yamaha-yzr-m1-2007-review

Sedangkan untuk body bagian samping, overall cukup oke. Cuma tetap saja Fairing depan yang sedikit terlalu lebar dan lekukannya yang cenderung kaku membuatnya sedikit kelihatan berbeda jika kita membandingkannya dengan bike aslinya. Sedangkan untuk yang lain, Newray ini terbilang cukup bagus. Khusus untuk Newray 2007 milik saya ini, bisa dibilang sangat mirip dengan bike aslinya. Cuma kalau untuk yang Newray original (yang beli di pasaran), ada banyak kekurangan, seperti contohnya bagian rem depan yang polosan (seharusnya ada logo brembo dan ada kabel), knalpot yang berwarna perak polos, tidak ada logo michelin pada ban, serta rantai dan part-part bagian dalam yang semua berwarna hitam

newray-fiat-yamaha-yzr-m1-2007-review-2

 

 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • harga zian rossi thailand ori
Be Sociable, Share!
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.