Macam-Macam Merk Diecast Moto GP Skala 1:12

Selama ini, hobi saya tidak pernah jauh dari dunia komputer dan video game. Tapi belakangan ini saya punya hobi yang benar-benar baru, yaitu mengoleksi diecast motor replika dari motor Moto GP. Sebagai fans berat Valentino Rossi, sepertinya memang sedikit terlambat untuk mulai mengkoleksinya sekarang. Tapi setelah saya bergabung di komunitas yang ada di Facebook, saya pun memutuskan untuk mulai berburu replika dari semua motor yang pernah digunakan Rossi selama membalap di Moto GP.

Pertanyaan yang sering ditanyakan pemula adalah cocoknya berburu diecast apa ya? Pertanyaan ini juga menghampiri saya saat pertama kali hendak membeli diecast pertama saya. Dari diecast-diecast yang dijual di pasaran sekarang, ada beberapa jenis skala diecast yang bisa dipilih. Namun ada 2 skala diecast Moto GP yang populer, yaitu 1:12 dan 1:18. Diecast Moto GP 1:18 dihuni oleh merk Leo Models, Maisto dan Saico. Sedangkan 1:12 dihuni oleh merk Minichamps, Ixo, Altaya, Babylon dan Newray. Sebenarnya ada juga skala lainnya yaitu skala 1:6, 1:10, 1:20, 1:22 serta 1:24. Tapi kalau melihat variannya yang sedikit, akan sedikit kesulitan untuk mengkoleksi motornya secara lengkap.

Karena diecast skala 1:12  kelihatan lebih mantap karena ukurannya yang lebih besar, saya akhirnya memutuskan untuk mengkoleksi diecast ukuran skala 1:12. Dan akhirnya setelah belusukan ke mana-mana, akhirnya saya pun membeli diecast pertama saya yaitu Yamaha YZR-M1 skala 1:12 edisi tahun 2013 merk Newray milik Valentino Rossi.

10701991_10204218707900603_4151681388807726101_n

Untuk membantu para kolektor diecast motogp pemula yang baru mengkoleksi buruannya, berikut akan saya berikan sedikit gambaran untuk panduan mengenai beberapa merk diecast motogp skala 1:12 yang dijual di pasaran.

Catatan : Harga yang saya tulis adalah harga rata-rata diecast pada tahun 2014.

Newray

Newray ini adalah merk diecast buatan Hongkong yang paling banyak dimiliki oleh para collector. Karena harganya yang murah, Newray (atau sering disingkat dengan sebutan NR) menjadi buruan utama para diecaster, terutama para pemula. Secara umum diecast merk Newray memiliki kandungan plastik yang lebih banyak, dan komponen besinya lebih sedikit dibandingkan merk lainnya. Detail dari NR pun tidak terlalu teliti, baik dari segi mesin, kabel warna maupun sticker-sticker (decal) nya. Tapi karena harganya yang murah, merk ini menjadi bahan custom (modifikasi) favorit bagi para modeller. Biasanya harga produk Newray yang sudah dicustom, bisa mencapai 150 – 300 ribu lebih mahal dari harga rata-rata produk Newray yang original.

newray-rossi-2013

Harga Produk Newray ada di kisaran Rp. 120-300 ribu tergantung kelangkaan

Babylon

Babylon ini adalah merk diecast buatan China. Kalo bisa saya bilang produk Babylon ini mengambil bahan dari produk Newray kemudian dicustom (dimodifikasi), dan kemudian dijual lagi. Dibandingkan dengan Newray, yang membedakan Babylon adalah polesan cat dan warna-warnanya yang dicoating (dilapisi cat kilap). Yang sedikit kurang dari merk ini mungkin terletak pada detail yang tidak sama dengan motor aslinya dan decalnya yang biasanya kurang pas penempatannya (masih jauh lebih bagus Newray original untuk hal detailnya). Untuk harga, Babylon biasanya sedikit lebih mahal dari Newray sekitar 100 sampai 150 ribuan. Merk ini merupakan salah satu alternatif yang murah buat pemula yang ingin mengkoleksi lebih banyak model diecast Moto GP.

diecast-motogp-babylon-rossi

Harga Produk Babylon ada di kisaran Rp. 250-350 ribu

Altaya

Altaya adalah merk diecast Spanyol yang pada dasarnya produksi dari pabrik subkontraktor IXO. Pada dasarnya diecast merk Altaya sama dengan merk Ixo. Yang membedakan adalah kotak pembungkus yang kalah eksklusif bila dibandingkan dengan IXO. Harga di pasaran saat ini hampir sama dengan merk aslinya, IXO. Secara keseluruhan, diecast merk Altaya ini punya kandungan besi yang jauh lebih banyak daripada merk Newray. Detailnya pun sangat bagus dan mirip sekali dengan motor aslinya. Terdapat kelengkapan kabel rem dan kabel gas, serta bagian shockbreaker belakangnya pun ada yang berfungsi seperti motor sungguhan. Sayang sekali produk Altaya ini hanya diproduksi sampai tahun 2007 saja, sehingga tidak ada lagi motor Moto GP edisi tahun-tahun terakhir diluncurkan di pasar.

altaya-rossi-2001

Harga produk Altaya ada di kisaran Rp. 350 – 700 ribu tergantung kelangkaan

Ixo

IXO sebagaimana saya sebut di atas adalah versi resminya. Yang membedakan produk ini dengan Altaya adalah kemasannya yang terlihat ekslusif. Sedangkan untuk decal dan detail rata-rata sama dengan Altaya atau kadang lebih rapi. Untuk spesifikasi lainnya, diecast merk Ixo relatif sama dengan merk Altaya. Terdapat kelengkapan kabel-kabel dan ada yang shockbreaker belakangnya berfungsi. Varian diecast merk Ixo di pasaran saat ini tidak terlalu banyak dibandingkan dengan Altaya.

ixo-rossi-2004

Harga produk Ixo ada di kisaran Rp. 350 – 700 ribu tergantung kelangkaan

 

Tamiya

Tamiya sebenarnya bukanlah merk diecast, melainkan model kit. Karena merupakan model kit, maka bahan dari replikanya semuanya terbuat dari plastik. Saat anda membeli model kit merk Tamiya, maka anda masih harus merakitnya, mengecatnya, mendempulnya serta memasang decalnya sendiri. Produk Tamiya 1 box itu pun hanya terdiri dari model kit dan decalnya saja. Sedangkan untuk cat, anda harus membelinya secara terpisah. Inilah yang membuat merk Tamiya terkenal sebagai merk mahal, karena biaya yang harus dikeluarkan untuk merakit 1 model kit saja bisa mencapai jutaan. Selain Tamiya mokit, di pasaran juga dijual Tamiya Masterworks yang merupakan diecast versi jadi dari Tamiya. Karena Tamiya Masterworks ini adalah hasil rakitan yang sempurna oleh para modeller yang sudah ahli, maka harganya pun bisa mencapai 3 kali lipat dari harga mokitnya. Bicara mengenai detail, Tamiya mungkin adalah rajanya. Detail mulai dari kabel, mesin, bahkan bagian-bagian motor sampai paling kecil pun benar-benar persis seperti aslinya. Kelemahan utama dari Tamiya mungkin hanyalah bahannya yang terbuat dari plastik.

tamiya-rossi-2009

Harga produk Mokit Tamiya ada di kisaran Rp. 300 – 1.5 juta tergantung kelangkaan. Sedangkan untuk Tamiya Masterworks, harga bisa mencapai 1.2  juta rupiah ke atas

 

Minichamps

Minichamps sering disebut sebagai rajanya diecast motor. Merk yang diproduksi oleh produsen asal Jerman ini punya keunggulan utama yaitu materialnya yang lebih banyak logam, sehingga membuat diecast merk ini lebih berat daripada diecast-diecast lainnya. Selain bahannya yang kebanyakan logam, detail dari pengecatan dan komponen motor dibuat dengan sangat teliti. Detail secara keseluruhan patut diacungi jempol, dari penampakan luar hingga blok mesin. Dalam kemasan sebagian produk Minichamps, biasanya fairing akan dipisah sehingga para pembeli bisa melihat detail dari apa yang ada di bagian dalam motor. Karena detailnya yang luar biasa serta bahannya yang mayoritas besi, tidak heran bila harga merk ini juga selangit. Rata-rata produk Minichamps dijual dengan harga lebih dari 1 juta, kecuali untuk tipe-tipe tertentu. Untuk Minichamps yang sudah langka (seperti Valentino Rossi edisi Barcelona 2008), harga bahkan bisa mencapai lebih dari 2 juta rupiah.

Harga produk Minichamps ada di kisaran Rp. 650 rupiah ke atas tergantung kelangkaan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • model kit mot
  • motor gp tamiya
Be Sociable, Share!

Leave a Reply