Home > Kuala Lumpur, Malaysia, Travel > Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke-4)

Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke-4)

December 31st, 2013 Leave a comment Go to comments

• KL City Gallery
  • National Mosque
  • Islamic Art Museum

Tidak terasa hari ini sudah hari terakhir dari acara jalan-jalan kami ke Malaysia kali ini. Karena tempat-tempat utama di Kuala Lumpur sudah kami kunjungi semua, maka hari ini agak santai. Sebetulnya masih ada beberapa tempat lain yang bisa dikunjungi di KL ini, seperti contohnya : Aquaria KLCC (semacam Sea World), KL Tower (Bangunan tertinggi kedua di KL, di mana kita bisa melihat KL dari ketinggian), Sunway Lagoon (semacam WaterBom di Jakarta / Bali) dan Eye on Malaysia (Bianglala raksasa seperti di Singapore). Untuk masuk ke tempat-tempat tersebut, tidaklah gratis (ada tiket masuknya). Karena kami lebih memilih untuk menggunakan uang yang ada untuk berbelanja, maka kami tidak pergi ke tempat-tempat tersebut. Hari ini kami semua bangun agak siang. Kami keluar dari hotel sekitar jam 9:40. Karena semua keluargaku kayaknya kurang puas berbelanja di Bukit Bintang, maka hari ini kami kembali ke Bukit Bintang untuk berbelanja (shopping).

bukit bintang Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Karena kebetulan pergi ke daerah Bukit Bintang, kami pun makan pagi di daerah sana. Kali ini pilihannya jatuh ke Blue Boy Food Center. Lokasinya sekitar 200 meter dari Jalan Alor. Di sini ada beberapa food center yang dikumpulkan jadi 1 dalam 1 food court dan semuanya vegetarian.

blue boy vegetarian bukit bintang Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Karena banyaknya pilihan makanan, kami sedikit bingung juga untuk memilih. Lucunya, di sini yang melayani ternyata adalah mbak-mbak asal Indonesia. Bahkan saat kami tanyai, ternyata pelayannya bisa berbahasa Jawa. Setelah kami tanya, barulah ketahuan kalau salah satu pelayannya berasal dari Jombang. Ternyata jauh-jauh di negeri orang, seperti berada di negara sendiri. Memang di Malaysia ini banyak sekali saya temui TKW asal Indonesia, baik di hotel, toko maupun di restoran. Banyak dari mereka mahir sekali menggunakan bahasa Inggris, Mandarin dan bahasa Kanton.

Setelah kami makan pagi di sini, kami pun langsung menuju ke tujuan pertama kami yaitu Sungei Wang Plaza. Sambil menunggu para cewek berbelanja di sana, kami para cowok memutuskan untuk berjalan-jalan sendiri. Dan tujuan saya adalah ke Pavilion, salah satu mall termegah di Bukit Bintang.

bukit bintang walk Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Pavilion

Dari Sungei Wang Plaza menuju ke Pavilion tidak terlalu jauh. Kalau dihitung, mungkin hanya sekitar 200 meter saja. Dari pintu keluar Sungei Wang, kita tinggal mengikuti jalan menuju ke arah stasiun LRT Bukit Bintang. Sampai di perempatan di mana ada stasiun LRT, kita tinggal menyeberang jalan ke kanan dan berjalan sekitar 100 meter lebih. Dari kejauhan, sudah terlihat tulisan Pavilion pada sebuah bangunan besar di depan kami.

pavilion kuala lumpur Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Karena kami di sana pada saat akhir tahun, Pavilion ternyata disulap menjadi mall dengan tema Line (Ya… maksudnya Line Messenger dengan tokohnya Moon, Cony dan Brown yang terkenal itu). Di bagian depan pintu masuk mall, ada sebuah patung Moon dengan ukuran raksasa. Kami pun tidak mau kehilangan moment dengan bernarsis ria di depan mall.

line di depan pavilion Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Setelah berfoto-foto, kami pun masuk ke dalam Pavilion Mall. Karena kami pergi pada saat akhir tahun, mall ini didesain dengan tema salju. Kebanyakan toko di Pavilion ini adalah toko-toko branded yang menjual barang ekslusif yang tentunya harganya selangit. Jadi bagi anda yang mencari barang murah, jangan harap bisa membeli sesuatu di sini. Satu-satunya barang murah yang bisa dipilih di sini mungkin adalah supermarket serba RM 5 yang ada di Tokyo Street.

pavilion kuala lumpur 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

pavilion kuala lumpur 02 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Bila anda berkunjung ke Pavilion, pastikan untuk mengunjungi DC Comics Super Heroes Store. Di sini anda dapat melihat banyak sosok superhero dalam berbagai bentuk mulai dari action figure, kostum, sampai dengan pernak-pernik original dari para Super Hero DC Comics. Karena yang dijual di sini semuanya adalah barang original, maka jangan heran kalau harganya juga selangit.

dc comics super heroes store 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

dc comics super heroes store 03 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

dc comics super heroes store 04 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

dc comics super heroes store 05 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Di dalam mall Pavilion, kita juga menemukan patung Moon, Cony dan Brown di lantai 4. Selain itu juga ada counter yang khusus menjual aksesoris Line original seperti figure, bantal, alat tulis, dengan karakter Moon, Cony, James, Brown.

line di dalam pavilion 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

line di dalam pavilion 02 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

line di dalam pavilion 03 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

line di dalam pavilion 04 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

line di dalam pavilion 05 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

line di dalam pavilion 06 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Di dalam Pavilion ini, kami tidak lupa mengunjungi TOKYO Street yang ada di lantai 4. Di dalam area ini banyak dijual snack-snack yang unik mulai dari Mochi, Ice Cream tanpa lemak tanpa gula, popcorn aneka rasa, sushi, kue ala Jepang, dan lain sebagainya. Di bagian paling dalam (ujung) di Tokyo Street, anda juga akan menemukan supermarket yang menjual berbagai barang serba RM 5.

tokyo street 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

tokyo street 02 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

tokyo street 03 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Setelah puas berjalan-jalan di Pavilion, kami pun kembali ke Sungei Wang Plaza guna bertemu dengan para ladies. Karena hari waktu itu juga sudah siang, kami pun memutuskan untuk makan siang di food court yang ada di Sungei Wang. Food Courtnya cukup mudah dicari. Kita tinggal langsung cari lift dan langsung turun di lantai 4. Ada depot Vegetarian bernama Le Tian Vegetarian di pojok dari Food Court tersebut.

vegetarian di sungei wang plaza Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Dari sini, kami kembali lagi ke Pavilion karena Mama saya dan yang lainnya ternyata ingin juga ke Pavilion. Di Pavilion, saya memutuskan untuk berpencar karena saya ingin mengunjungi beberapa tempat lagi sebelum pulang besok. Dan tujuan saya adalah Dataran Merdeka dan sekitarnya.

Dari bukit bintang, saya menuju ke Pasar Seni menggunakan Bus Go KL yang salah satu perhentiannya ada di seberang Pavilion. Bus Go KL adalah bis gratis yang memang disediakan bagi para warga maupun turis untuk pergi ke daerah-daerah utama di KL seperti Bukit Bintang, Chinatown dan KLCC.

bis go kl Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Ada 2 line yang bisa digunakan yaitu line hijau dan ungu (bisnya sama sama ungu warnanya). Untuk kali ini saya menaiki line ungu. Perjalanan dari Bukit Bintang ditempuh selama sekitar 20 menit. Bis Go KL ini nantinya akan berhenti di Stasiun LRT Pasar Seni. Bila kita hendak memutar lagi ke Bukit Bintang, kita harus berpindah bis yang letaknya ada beberapa meter di depan dari tempat kita turun.

Dari Pasar Seni saya memutuskan untuk berjalan kaki menuju ke Dataran Merdeka. Jarak dari Stasiun Pasar Seni ke Dataran merdeka lumayan jauh, kalau dihitung mungkin sekitar 900 meter. Sebetulnya ada titik yang lebih dekat dari Dataran Merdeka, yaitu bila kita turun di bus stop sebelum perhentian Pasar Seni pada waktu naik bis Go KL. Tapi karena saya sudah terlanjur turun di Pasar Seni, saya pun akhirnya berjalan dari sana menuju ke Dataran Merdeka.

Dataran Merdeka

Dataran Merdeka adalah sebuah area lapangan berumput yang cukup luas yang sering digunakan untuk pegelaran acara-acara tertentu seperti misalnya hari kemerdekaan, tahun baru, dll. Area ini bersebelahan persis dengan bangunan Sultan Abdul Samad, sebuah bangunan dengan arsitektur khas Malaysia. Di Dataran Merdeka ini, kita juga akan menemukan KL City Gallery dan National Textile Museum yang bisa untuk dikunjungi bagi para turis. Sayang sekali waktu saya tiba di sini, National Textile Museum sedang tutup.

Di dataran Merdeka sendiri, pemandangannya tidak seperti biasanya, karena ada panggung serta sejenis bazar yang menjual aneka makanan dan minuman yang memang dersiapkan untuk menyambut malam Tahun Baru nanti. Selain di Bukit Bintang, Dataran Merdeka ini menjadi salah satu tempat berkumpulnya para warga KL utuk merayakan Tahun Baru. Saat saya berada di sini jam 6 sore pun, sudah banyak orang yang mulai duduk duduk di daerah ini untuk menantikan acara malam tahun baru.

daratan merdeka 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

daratan merdeka 02 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

daratan merdeka 03 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

daratan merdeka 04 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Area dekat KL City Gallery yang dipenuhi bazar makanan menyambut datangnya tahun baru

national textile museum 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

National Textile Museum

Sultan Abdul Samad 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Bangunan Sultan Abdul Samad

Setelah mengambil foto dari Dataran Merdeka serta bangunan bangunan sekitarnya, saya masuk ke Kuala Lumpur City Gallery. Di sini kita dapat melihat sejarah Malaysia dan Kuala Lumpur. Selain itu yang mengagumkan adalah adanya miniatur dari kota Kuala Lumpur berikuran raksasa. Di tempat ini juga ada banyak oleh oleh yang bisa dibeli seperti kaos, pernak pernik dan lain sebagainya. Semuanya bertema Kota Kuala Lumpur. Bagi yang mau internetan, di sini juga ada Free Wifi tanpa password untuk digunakan.

kl city gallery 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

kl city gallery 02 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

kl city gallery 03 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

kl city gallery 04 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

kl city gallery 05 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Miniatur KL City Gallery

kl city gallery 07 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Miniatur Masjid Jamek

kl city gallery miniatur kota kl 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Miniatur kota Kuala Lumpur

kl city gallery miniatur kota kl 02 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

kl city gallery miniatur kota kl 03 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

kl city gallery miniatur kota kl 04 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

kl city gallery miniatur daratan merdeka 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Miniatur Dataran Merdeka

kl city gallery miniatur daratan merdeka 02 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

kl city gallery miniatur Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Mengintip proses pembuatan miniatur

Dari KL City Gallery, saya sebenarnya ragu-ragu mau melanjutkan perjalanan saya menuju ke National Mosque (Masjid Negara) atau tidak. Karena pada saat itu jam sudah menunjukkan pukul 16:30 waktu Malaysia. Lagipula dari Dataran Merdeka menuju ke Masjid Negara itu tidaklah dekat. Tapi karena sudah terlanjur sampai sana, saya pun bertekad untuk tetap melanjutkan perjalanan ke National Mosque.

National Mosque

Cara ke National Mosque : Susuri saja jalan Kinabalu menuju ke jalan yang ada jalan layangnya ( bila kita berjalan menuju National Mousqe, maka National Textile Museum ada di seberang kiri jalan) Jarak dari Dataran Merdeka ke National Mousque cukup jauh. Kalau saya hitung sekitar 800 meter. Terus saja ikuti jalan maka, anda akan menemukan bagian depan dari National Mousqe di sebelah kanan.

national mosque 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

national mosque 02 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

national mosque 03 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

national mosque 04 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Setelah puas mengambil foto, saya langsung pergi ke bagian depan dari masjid, dan saya pun melanjutkan perjalanan ke Islamic Art Museum (Muzium Kesenian Islam Malaysia) yang ada di dekat dari bagian depan masjid negara. Dari bagian depan masjid, anda tinggal belok kanan dan menyusuri jalan tersebut. Tidak sampai 100 meter, anda akan dapat menemukan Islamic Art Museum di kiri jalan. Sayang sekali, waktu saya sampai ke sini, jam sudah menunjukkan pukul 18:30. Islamic Art Center buka mulai jam 09:00 – 18:00. Akhirnya saya hanya mengambil foto bagian luar dari bangunannya saja.

islamic art museum 01 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

islamic art museum 02 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

islamic art museum 03 Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Sebenarnya masih ada beberapa tempat lagi di area ini yaitu Museum Polisi, Planetarium Negara dan KL Bird Park. Kecuali KL Bird Park, semua tempat tersebut tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis). Tapi karena hari sudah malam (kebanyakan tempat tersebut saya yakin sudah tutup) dan besok pagi pagi sekali saya sudah harus ke bandara, maka saya memutuskan untuk kembali ke hotel.

Besoknya saya harus keluar dari hotel sekitar jam 03:30 pagi agar bisa naik bis Aerobus yang berangkat jam 04:00. Sekedar informasi, bagi yang ingin mengejar jadwal pesawat, kereta KLIA Express dari KL Sentral paling pagi adalah berangkat jam 04:35, sedangkan bis Aerobus paling pagi berangkat jam 02:45 dari KL Sentral.

Dengan berakhirnya hari ke-4, maka berakhir pula perjalanan kami jalan-jalan di Kuala Lumpur, Malaysia kali ini.

Rincian Pengeluaran Hari ke-4 :

Tiket Masjid Jamek – KL Sentral RM 1
Makan Malam beli dari Pavilion Food Court RM 6
Aqua Botol RM 1.4

Total : 27.7 (Rp. 107.000)

pixel Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)

Incoming search terms:

• bagaimana ke dataran merdeka
  • tips berbelanja di pasar seni kuala lumpur
  • mengunjungi Kuala Lumpur dalam bahasa inggris
  • kaos superhero original
  • jarak klcc ke eye on malaysia kuala lumpur
  • jarak dari bukit bintang ke jalan alor
  • jarak bukitt bintang ke dataran merdeka
  • jam operasional go kl
  • jalan menuju pasar seni kuala lumpur
  • dekat pasar seni malaysia
Be Sociable, Share!
  • more Jalan Jalan ke Kuala Lumpur, Malaysia (Hari ke 4)
  1. Jonathan
    June 5th, 2014 at 14:39 | #1

Blog yang luar biasa informatif. Mau tanya cara beli tiket LRT, Monorel or KTM, beli di counter tiket atau di vending machine ? Masih bingung soalnya, baca baca di blog, kayaknya beda beda> ada yg bilang vending machine, ada yg bilang beli tiket di counter.

So far, keaadaan di KL apakah aman untuk pejalan kaki hingga malam hari jam 9 an gitu ? Terima kasih. Regards.. Salam Travelers

2. June 5th, 2014 at 16:38 | #2

Salam kenal, Jonathan.

Di setiap stasiun LRT, Monorel, KTM, selalu ada counter tiket dan vending machine. Jadi dua-duanya bisa. Kalau lebih suka membeli di Vending Machine, biasakan untuk menyediakan uang RM1, RM 5 dan RM 10. Kalau cuma punya uang besar, mending beli di counter ticket.

Keadaan di KL setahu saya tidak seaman Singapore, tapi berdasarkan pengalaman saya, selama ini sih aman-aman saja. Karena biasanya jam 9 ke atas, saya berada di tempat-tempat keramaian seperti Bukit Bintang, Petronas, dll.

Semoga membantu

3. jonathan
    June 6th, 2014 at 07:49 | #3

Terima kasih infonya. Best regards. Jonathan n fam.